Penyemangat Kamu Yang Pengin #PreiNangJogja

Selasa, 27 Desember 2016

'Balik Jogja', Acara Malam Pergantian Tahun yang 'Jogja Banget' Ala Hotel Santika Premiere Yogya

'Balik Jogja', Acara Malam Pergantian Tahun yang 'Jogja Banget' Ala Hotel Santika Premiere Yogya

#PreiNangJogja - Bingung menentukan tempat menghabiskan malam pergantian tahun baru? Hotel Santika Premiere Jogja adalah jawaban yang pas jika anda merasakan kebingungan tersebut.

Hotel bintang empat yang berada di Jalan Jendral Sudirman No19 Yogyakarta ini menyiapkan acara bertajuk Balik Jogja untuk menyambut tahun baru 2017.

Beragam rangkaian acara menarik telah disiapkan pengelola hotel bagi setiap tamu yang hadir.

Dijelaskan Wahyudi Purnomo selaku Food and Beverage Hotel Santika Premiere Jogja mengatakan dari rangkaian acara yang disiapkan, New Year Dinner adalah salah satu yang spesial.

Di New Year Dinner tersebut, akan disajikan lebih dari 180 set menu yang terdiri dari Indonesian tradisional food, dan internasional food.

Ditambahkan Executive Chef Hotel Santika Premiere Jogja, Totok Siswantoko, untuk menu khas Indonesia kambing guling dan tongseng kambing akan menjadi andalannya.

"Untuk kambing guling, kami menggunakan kambing utuh yang dipanggang di atas bara api dan dibumbui dengan bumbu khas Hotel Santika Premiere," jelas Chef Totok.

Bumbu yang dibuat dari berbagi jenis rempah tersebut menghasilkan daging kambing yang gurih dan sedikit manis dengan aroma bakaran yang khas.

Sedang untuk tongsengnya pun tidak kalah nikmat. Dimasak dengan santan, tetapi tidak terlalu kental dengan beragam bumbu rempah, akan menghasilkan tongseng yang menggugah selera.



"Selain kedua menu tersebut kami juga punya gudeg yang benar-benar khas Yogyakarta," ujar Chef Totok. Selain menyajikan gudeg nangka muda, dalam rangka pergantian tahun baru ini, Hotel Santika Premiere Jogja menghadirkan gudeg manggar (bunga kelapa) yang sudah mulai jarang ditemukan.

Gudeg manggar ini memiliki tekstur yang berbeda dengan gudeg nangka muda, dimana teksturnya sedikit lebih kasar, tetapi rasanya tidak kalah nikmat. Gudeg ini adalah gudeg basah yang disajikan bersama areh, sambal goreng krecek, dan opor ayam.

Menyambut tahun baru dengan tema Balik Jogja, tidak lengkap rasanya tanpa menghadirkan angkringan yang menjadi ikon kuliner Yogyakarta. Di angkringan tersebut tersedia aneka gorengan, seperti tempe, tahu isi, ubi goreng, lumpia, dan pisang goreng.

Kedelai rebus, singkong rebus, ubi rebus, pisang rebus melengkapi menu yang ada di Angkringan. Kurang lengkap jika sebuah angkringan tanpa hadirnya wedang jahe, wedang susu, wedang tape, hingga kopi jos.

Untuk set menu tradisional Indonesia juga dilengkapi dengan Bakmi Djowo, martabak daging sapi, serta empek-empek.

"Kami juga menyediakan traditional corner yang berisikan nasi gurih, nasi kuning, sayur ndeso, empal daging gepuk, balado gurame, oseng daun pepaya dan rebubg, trancam, hingga aneka lauk seperti telur dadar, dan perkedel," jelas Chef Totok.

Tidak kalah dengan set menu tradisional Indonesia, pilihan menu internasional nya pun begitu beragam mulai dari appetizer, soup, main course, desert, hingga beberapa menu yang disajikan secara live cooking.

Sebagai menu appatizer ada beberapa pilihan yang menarik, yakni thai beef salad, vietnamese seafood salad, hingga chicken ceasar salad. Dikatakan Chef Totok dari menu appetizer ini, chicken seasar salad adalah salah satu yang istimewa.

Menu tersebut berisikan selada romaine, crouton, chop crispy bacon, keju permesan, caesar dressing, dan chicken barbeque. Fisherman's bouillabisse adalah pilihan soup yang sayang untuk anda lewatkan.

Aneka seafood hadir dalam semangkuk soup ini, seperti cumi, ikan kakap merah, kerang, udang, serta tomat. Soup dengan tampilan bening agak kekuningan tersebut begitu segar dengan aroma seafood yang kuat, sehingga akan memanjakan lidah anda.

Di jajaran main course Chef Totok menyiapkan paella rice, potato salardise, beef lasagna, dan beberapa pilihan lainnya. Paella rice adalah hidangan nasi yang disajikan bersama butter, bawang putih, paprika, green peas, minyak zaitun, sosis daging sapi, udang, kunyit, dan bawang bombai.

"Kami juga akan menyajikan BBQ Mongolian, peking duck, dan roasted ausie beef sirloin," kata Chef Totok.

Menu-menu tersebut termasuk dalam menu live cooking dan carving. BBQ Mongoliannya begitu lengkap, mulai dari beef, chicken, ikan, brokoli, jamur, hingga wortel.

Peking duck khas Hotel Santika Premiere memiliki daging yang begitu lembut disantap bersama daun bawang, mentimun, cabai merah tanpa biji, yang digulung dalam kulit momo, dengan tambahan saus hoisin dan saus plum.

Selain menyediakan makan malam spesial, acara tahun baru "Balik Jogja" juga akan dimeriahkan beragam hiburan yang Jogja banget.

"Kami menghadirkan trio GAM yang terdiri dari Gareng Rakasiwi, Juned, dan Wisben," kata Wahyudi Purnomo. Trio GAM ini adalah komedian terkenal Yogyakarta yang akan menghadirkan lawakan-lawakan khas Yogyakarta yang segar.

WAYBE music etnicha akan hadir dan menghibur dengan menggabungkan musik tradisional dengan musik modern. Pertunjukan musik gejog lesung akan semakin menambah nuansa Yogyakarta dalam acara ini.

"Acara Balik Jogja ini rencananya akan dimulai dari pukul 19.00 dengan dinner yang akan diiringi dengan alunan music dari Unique Akustik. Setelah dinner pengunjung akan mendapat suguhan tari tradisional Jawa," jelas pria yang akrab disapa Yudi tersebut.

Lebih lanjut Yudi mengatakan, acara tahun baru Balik Jogja ini memang dirancang untuk semua kalangan usia. Bagi mereka yang telah berumur, hadirnya gejog lesung dan tarian tradisional akan menjadi nostalgia, dan bagi anak-anak ini akan menjadi pengalaman mereka mengenal kebudayaan asli Yogyakarta.

Anak-anak juga akan terhibur dengan adanya aneka lomba anak yang diselenggarakan pengelola hotel pada sore hari menjelang pergantian tahun baru.

"Kami juga memberikan souvenir dan lucky draw kepada para tamu. Lucky draw tersebut berupa voucher menginap di Hotel Santika manapun," kata Yudi.

Bagi mereka yang ingin merasakan sensasi pergantian tahun baru dengan nuansa Jogja ini bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp1,8 juta. Dengan harga tersebut tamu akan mendapatkan kamar tipe deluxe, termasuk dinner untuk dua orang. (*)

Previous
Next Post »